Sumber Daya laut Indonesia Yang Di Manfaatkan

ByComenat

Sumber Daya laut Indonesia Yang Di Manfaatkan

Laut adalah kumpulan air asin yang luas, dan memisahkan sekaligus menyatukan suatu daratan dengan daratan lainnya. Beberapa contoh laut di Indonesia diantaranya seperti Laut Arafura, Laut Banda, dan Laut Jawa. Dari sekian laut di indonesia memiliki beragam jenis sumber daya yang bisa di gunakan. mulai dari terumbu karang sampai hasil laut ikan yang di ambil oleh nelayan menjadi sumber utama dalam faktor kelautan.

Wilayah lautan di Indonesia sangat luas dengan potensi kekayaan yang melimpah. Apa saja sumber daya laut yang dimiliki oleh Indonesia? Laut merupakan salah satu dari kenampakan alam perairan di Indonesia, termasuk juga sungai, danau, rawa, dan selat. Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo membeberkan, potensi sumber daya perikanan dan kelautan Indonesia sangat melimpah. Hal itu dibuktikan dengan panjang garis pantai Indonesia yang mencapai 99 ribu kilometer. Dengan luas yang sangat besar sumber laut menjadi banyak bisa di gunakan dengan sebaik-baiknya. Tetapi dengan penggunaan yang sewajarnya.

Meski begitu, potensi pemanfaatannya baru 10 persen saja. Bahkan, angka tersebut pun belum termanfaatkan secara maksimal. Dengan luas perairan 5,8 juta kilometer persegi yang meliputi laut teritorial seluas 0,3 juta kilometer persegi, luas perairan daftar slot gacor kepulauan 2,95 juta kilometer persegi, dan luas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) 2,55 juta kilometer persegi, bisa dibayangkan sangat besar sekali potensi sumber daya laut yang dimiliki Indonesia. Berikut adlah sumber daya laut yang baru di manfaat kan :

1. Terumbu Karang

Terumbu karang adalah batuan sedimen kapur di laut yang terbentuk dari kapur, dan sebagian besar dihasilkan oleh koral atau binatang yang menghasilkan kapur untuk kerangka tubuhnya. Jika ribuan koral membentuk koloni, koral-koral itu akan membentuk karang. Indonesia adalah negara dengan jumlah terumbu karang terluas di dunia. Luasnya mencapai 284,3 ribu km2 atau setara dengan 18% terumbu karang yang ada di dunia. Terumbu karang memiliki banyak manfaat, mulai dari bersifat ekonomis, ekologis, hingga sosial ekonomi. Manfaat ekonomi terumbu karang adalah Sebagai tempat tinggal nya ikan dan pencegah ada nya abrasi laut.

2. Tangkapan Laut

Menurut Food and Agricultural Organization (FAO), potensi lestari sumber daya perikanan tangkap laut Indonesia mencapai sekitar 6,5 juta ton per tahun dengan tingkat pemanfaatan mencapai 5,71 ton per tahun. Berdasar data FAO 2009, produksi ikan tangkap Indonesia menempati urutan ketiga di dunia setelah China dan Peru. Sedangkan produksi ikan budidaya Indonesia menempati urutan keempat setelah China, India dan Vietnam. Tangkapan laut di indonesia juga bisa di ekspor ke berbagai negara yang membutuhkan hasil laut tersebut. Maka dari itu sumber pencaharian laut juga menjadi pembangun ekonomi negara.

3. Pertambangan dan Energi

Potensi sumber daya mineral kelautan tersebar di seluruh wilayah perairan Indonesia. Sumber daya mineral ini diantaranya minyak dan gas bumi, timah, emas dan perak, pasir kuarsa, monasit dan zirkon, pasir besi, agregat bahan konstruksi, posporit, kromit, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan berkembangnya teknologi transportasi juga menjadi suatu pemanfaatan gas dan minyak bumi dalam membangun pemanfaatan hasil bumi.

About the author

Comenat administrator

Leave a Reply