Fakta Mengenai Bulu Babi Yang Harus Kalian Ketahui

ByComenat

Fakta Mengenai Bulu Babi Yang Harus Kalian Ketahui

Apa yang kalian ketahui tentang bulu babi? Apakah kalian tahu fakta mengenai bulu babi? Landak laut atau di sebut juga bulu babi (Echinoidea) merupakan hewan laut yang berbentuk bundar dan memiliki duri pada kulitnya yang dapat di gerakkan. Hewan ini terbagi menjadi sekitar 950 spesies dan dapat di temukan mulai dari daerah pasang surut sampai di kedalaman 5,000 m.

Fakta Mengenai Bulu Babi Yang Harus Kalian Ketahui

Hewan ini disebut landak laut atau bulu babi karena memiliki rambut duri yang tajam seperti landak. Duri-duri rambutnya dapat di gerakkan dan beracun. Racun pada ujung durinya yang lancip dan tajam ini berfungsi untuk mempertahankan diri sekaligus untuk melumpuhkan musuhnya. Sehingga jangan sampai sembarangan menyentuh, memegang bahkan menggenggamnya. Jika salah sedikit, tentu saja tubuh akan tertusuk dan efeknya akan timbul rasa nyeri yang tak terbendung. Berikut fakta mengenai bulu babi yang harus kalian ketahui:

Gigi Yang Tak Kasat Mata

Bulu babi mempunyai gigi yang terbuat dari kalsium karbonat walaupun tidak dapat terlihat secara link sbobet kasat mata. Fungsinya untuk mengunyah makanan termasuk juga batu.

Tanda Rusaknya Terumbu Karang

Katanya, nih, kalau ada banyak bulu babi di sekitar terumbu karang, itu tandanya terumbu karangnya rusak. Selain itu, bulu babi juga bisa jadi tanda bahwa tempat itu nggak tercemar logam berat.

Bulu Babi Termasuk Hewan Nocturnal

Biasanya bulu babi hidup di perairan dangkal dan yang memiliki terumbu karang. Hewan ini biasanya dapat dijumpai di padang lamun. Hewan tersebut aktif di malam hari untuk mencari makan di sekitar karang, namun tak menutup kemungkinan kalian akan menemukan bulu babi saat siang maupun sore hari.

Reproduksi Yang Unik

Cara reproduksi bulu babi sangat unik. Bulu babi jantan akan melepaskan spermanya ke dalam air. Sedangkan bulu babi betina melepaskan telurnya pada sekitar sperma dan pada saat keduanya bersentuhan satu sama lain. Dengan begitu maka nanti akan lahir seekor bayi landak laut.

Durinya Beracun

Bulu babi memiliki racun di setiap durinya yang mana setiap orang yang terkena durinya akan mendapatkan luka tusuk kemerahan dan pembengkakan, bahkan bisa terjadi infeksi jika tidak segera diobati. Namun pada kenyataannya penyelam sering kali tidak sengaja memegang atau menginjak bulu babi yang dampaknya bisa sangat buruk dan bahkan fatal hingga dapat menyebabkan kematian.

Itulah beberapa fakta mengenai bulu babi yang harus kalian ketahui. Setelah mengetahui fakta-faktanya ketika kita sedang melakukan aktivitas di pantai, ada baiknya berhati hati jika menemukan hewan ini. Jika kalian menemukan hewan ini, di sarankan hanya boleh mendekatinya dan jangan menyentuhnya. Karena jika kulit kita terkena duri tersebut, maka racun akan masuk kedalam tubuh yang membuat kalian akan merasakan pegal, sakit, perih, gatal dan nyeri.

About the author

Comenat administrator

Leave a Reply