5 Jenis Kerang yang Menghasilkan Mutiara

ByComenat

5 Jenis Kerang yang Menghasilkan Mutiara

Kerang merupakan salah satu binatang laut yang sangat mudah sekali di temui, berbagai macam ragam jenisnya pun lebih dari satu ataupun dua. Tidak heran ternyata hewan ini banyak diburu dan bernilai tinggi tak jauh berbeda dengan lobster dan udang.

Hal itu karena tingginya jumlah permintaan pasar untuk diolah menjadi seafood yang termasuk aneka masakan kerang. Salah satunya seperti sebuah restoran, yang mana menyajikan aneka makanan seafood dengan harga yang relative cukup mahal per 1 porsinya.

Meskipun isi dagingnya tidak sesuai dengan cangkangnya, tetapi rasanya pun sangat istimewa. Kelezatan kerang sudah tidak ada duanya, begitu juga dengan kandungan gizi di dalamnya. Tetapi setiap kerang yang diperoleh mempunyai macam-macam sendiri, entah itu kerang kecil atau remis, kerang hijau dan lain sebagainya.

Bahkan banyak juga ada jenis Kerang penghasil Mutiara, apa saja yang dirankum http://fashionweeks.web.id/? Yuk Langsung aja kita Cek!

Pinctada Maxima


Pinctada maxima merupakan jenis kerang yang telah mampu menghasilkan mutiara. Jenis kerang ini ternyata termasuk dalam kelompok bivalvia.

Adapun ciri yang dimiliki dari kelompok bivalvia ini ialah tubuhnya yang cukup simetri bilateral. Sebutan dengan nama bivalvia ini karena memiliki dua buah cangkang yang biasa disebut dengan tangkup. Spesifikasi lainnya, kerang pinctada maxima ini tidak mempunyai radula seperti gastropoda. Akan tetapi mereka juga mendapatkan makanan dengan cara menyaring.

Pinctada Maxima merupakan jenis kerang yang tidak mempunyai kepala ataupun tentakel yang nyata. Kerang ini termasuk organisme yang membawa nilai ekonomis pasar yang cukup tinggi dikarenakan dapat menghasilkan mutiara.

Kerang mutiara akoya (Pinctada fucata)

Kerang mutiara ini memiliki dua kutub yang dihubungkan oleh Sbobet88 kedua engsel lurus yang cukup panjang dan cangkangnya mempunyai panjang yang sedikit lebih besar. Sesuai namanya, kerang jenis ini banyak dibudidayakan di Jepang.

Pinctada margaritifera

Kerang ini merupakan primadona negara-negara Pasifik Selatan. Ia dapat menghasilkan mutiara berwarna cream sampai dengn warna hitam

Pteria penguin

Dikenal oleh masyarakat dengan nama tiram sayap penguin. Nama itu diambil dari tanaman yang berda diwilayah Indo-Pasifik Barat dan Tengah.Kerang ini ditemukan dipantai Afrika Timur dan Laut Merah yang menuju ke China Selatan, India, Australia, Filipina, Jepang Selatan dan Indonesia.

Kerang mutiara air tawar

Jenis ini berbeda dengan empat jenis kerang di atas. Karena kerang ini tak hidup di air asin, tapi hidup di air tawar.
Ia termasuk spesies hewan invertebrata. Cara hidupnya adalah menempel pada subtrack dan memakan jenis-jenis plankton. Mutiara yang dihasilkan berasal dari remis seperti, Cristaria plicata, Hyriopsis cumingii, dan Margaritifera margaritifera,

 

About the author

Comenat administrator

Leave a Reply